RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
Mata Pelajaran : PJOK
Materi
Pokok : Permainan Bulutangkis
Kelas/Semester : X/I
Alokasi Waktu : X 45 menit ( X pertemuan )
A.
Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menerapkan teknik dasar salah satu aktifitas olahraga permainan bola
kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang efektif *
4.2
Mempraktikkan teknik dasar salah satu aktifitas
olahraga permainan bola kecil untuk menghasilkan koordinasi gerak yang efektif *
3.2.1Menyebutkan
jenis-jenis teknik dasar permainan bulutangkis yang dapat divariasikan dan
dikombinasikan.
3.2.2 Menjelaskan cara
melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
3.2.3 Menjelaskan
berbagai kegunaan variasi dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
4.2.1 Melakukan berbagai
teknik dasar permainan bulutangkis (pukulan forehand dan pukulan backhand)
4.2.2 Melakukan variasi
dan kombinasi teknik dasar permainan bulutangkis
4.2.3 Mempraktekkan
variasi dan kombinasi teknik dasar bulutangkis dalam permainan sederhana
B.
Tujuan Pembelajaran
1. Peserta
didik dapat melakukan latihan koordinasi teknik dasar memukul forehand, memukul
backhand, dan servis bulutangkis (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
2. Peserta
didik dapat bermain bulutangkis dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi
untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran, menghargai,
semangat, dan percaya diri.
C.
Materi Pembelajaran
Permainan Bulutangkis
a. Teknik Memegang Raket
Teknik
paling dasar dari permainan olahraga bulu tangkis adalah cara memegang raket. Hal
ini adalah faktor utama yang paling berpengaruh terhadap kualitas pukulan yang
dihasilkan. Adapun cara memegang
raket ini terdiri dari 2 jenis teknik, yaitu sebagai berikut :
b. Teknik Pukulan
Teknik
pukulan yang lazim digunakan dalam permainan olahraga bulu tangkis atau
badminton adalah teknik forehand dan teknik backhand
1.
Pukulan Forehand
2.
Pukulan Backhand
D.
Pendekatan, model dan metode
1. Pendekatan saintifik
2. model pembelajaran inquiry
3. metode pembelajaran diskusi dan demonstrasi
E.
Media Pembelajaran
1. Lapangan
2. Bola Karet
3. Glove
4. Pluit
F.
Sumber Belajar
1.
Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas XI, Muhajir,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga
2. Buku Guru dan Buku Siswa Kurikulum 2013
G.
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
|
WAKTU
|
Pendahuluan
|
· Berbaris, berdoa,
absensi, apersepsi, stretching dan pemanasan
· Menyampaikan KD yang
akan diajarkan
· Menyampaikan tujuan
pembelajaran
· Guru membagi peserta
didik dalam kelompok – kelompok
|
menit
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati peragaan yang dilakukan oleh guru
ataupun peserta didik lainnya yang berkompeten tentang teknik dasar
keterampilan gerak permainan Bulutangkis.
Menanya
·
Secara bergantian menyampaikan pertanyaan
berkenaan dengan teknik dasar permainan bulutangkis
Eksplorasi
·
Peserta didik diberikan tugas untuk mencari
berbagai informasi tentang teknik dasar keterampilan gerak permainan
bulutangkis melalui Video, TV, media yang lain ataupun pengamatan langsung
dan selanjutnya membuat catatan hasil pengamatan.
·
Mendiskusikan kesalahan-kesalahan dan cara
perbaikan kesalahan yang sering dilakukan saat melakukan teknik dasar keterampilan
gerak permainan bulutangkis.
·
Memperagakan berbagai pola keterampilan cara
memegang raket dan cara memukul dalam permainan bulutangkis
Mengasosiasi
· Menganalisis bentuk
pukulan dan arah jalanya bola sesuai dengan yang dikehendaki pada saat
memukul bola
Mengkomunikasikan
· Bermain bulutangkis
menggunakan peraturan sesungguhnya dengan menerapkan teknik memegang raket
dan memukul bulutangkis yang telah dipelajari dan menunjukkan perilaku
kerjasama, bertanggungjawab, menghargai perbedaan, disiplin, dan toleransi
selama bermain.
|
menit
|
Penutup
|
·
Pendinginan
·
Evaluasi proses pembelajaran
·
Melekukan refleksi dengan tanya jawab kepada
peserta didik
·
Menarik kesimpulan hasil belajar
|
menit
|
H.
Penilaian Pembelajaran
a.
Sikap
Selama
proses pembelajaran guru mengamati sikap yang muncul pada saat anak melakukan
aktivitas di dalam kelas. Sikap yang diharapkan selama proses pembelajaran,
yaitu bertanggung jawab, sportif, dan disiplin.
Format
Penialaian Terlampir
b.
Pengetahuan:
Jawab secara lisan atau tulisan, pertanyaan-pertanyaan mengenai konsep permainan
bola voli
Format Penilaian Terlampir
c. Keterampilan
Penilaian terhadap kualitas
unjuk kerja peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai dengan 3
Format
Penialaian Terlampir
Lampiran
Penilaian Sikap
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Sikap Yang Dinilai
|
Σ
|
NA
|
Kerjasama
|
Kejujuran
|
Menghargai
|
Semangat
|
Percaya diri
|
Sportivitas
|
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI SIKAP) : 18
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Afektif = ----------------------------------------
X 100%
Jumlah skor maksimal
Lampiran Penilaian Pengetahuan
No
|
Pertanyaan
|
Kriteria
Penskoran
|
Jumlah
|
|
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
Jelaskan cara memegang raket dalam permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
2
|
Jelaskan posisi kaki, tangan, dan pandangan ketika melakukan
pukulan forehand pada permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
3
|
Jelaskan posisi kaki, tangan,
dan pandangan ketika melakukan pukulan backhand pada permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
4
|
Jelaskan rangkaian gerakan pukulan
forehand dan backhand dalam permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
5
|
Jelaskan
jenis – jenis variasi dan kombinasi pukulan dalam permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
6
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan teknik memegang raket dalam permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
7
|
Jelaskan
kesalahan-kesalahan teknik memukul dalam permainan bulutangkis
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
1.
Skor 4: Jika peserta didik mampu menjelaskan tiga indikator (kaki, tangan, dan
pandangan)
2.
Skor 3: Jika peserta didik mampu menjelaskan dua indikator.
3.
Skor 2: Jika peserta didik mampu menjelaskan salah satu indikator.
4.
Skor 1: Jika peserta didik tidak satupun pertanyaan di atas mampu dijelaskan
Keterangan:
Penilaian
terhadap kualitas jawaban peserta ujian, dengan rentang nilai antara 1 sampai
dengan 4
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai =
Jumlah skor maksimal
Lampiran Penilaian
Keterampilan
a.
Tes
Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan koordinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand dan
servis, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan
(penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian
produk/prestasi).
No
|
Nama Siswa
|
Pukulan Forehand
|
Pukulan Backhand
|
Servis
|
Jml
|
Nilai Proses
|
Nilai Produk
|
Nilai Akhir
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Σ
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dsb
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH
SKOR MAKSIMAL (NILAI PROSES) : 12
|
|
|
|
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian
Proses =
----------------------------------------- X 100%
Jumlah skor maksimal
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (pukulan forehand dan backhand)
Shuttlecock dipukulkan ke tembok/dinding selama 30 detik.
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
Putera
|
Puteri
|
……. > 35 kali
|
……. > 30 kali
|
100%
|
Sangat Baik
|
30 – 34 kali
|
25 – 29 kali
|
90%
|
Baik
|
25 – 29 kali
|
20 – 24 kali
|
80%
|
Cukup
|
20 – 24 kali
|
15 – 19 kali
|
70%
|
Kurang
|
…… < 20 kali
|
…… < 15 kali
|
60%
|
Kurang Sekali
|
·
Contoh
penilaian produk/prestasi teknik dasar (servis) melewati net/jaring sebanyak 20
kali servis (Skor maksimal 20 X 5 = 100).
Perolehan Nilai
|
Kriteria Pengskoran
|
Klasifikasi Nilai
|
Putera
|
Puteri
|
……. > Angka 40
|
……. > Angka 30
|
100%
|
Sangat Baik
|
Angka 30 – 39
|
Angka 25 – 29
|
90%
|
Baik
|
Angka 20 – 29
|
Angka 10 – 24
|
80%
|
Cukup
|
Angka 10 – 19
|
Angka 6 – 9
|
70%
|
Kurang
|
……. < Angka 10
|
……. < Angka 6
|
60%
|
Kurang Sekali
|
Mengetahui
Kepala
|
Tanjungpinang, Agustus 2018
Guru Mata Pelajaran,
|